HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Menekan Konflik Untuk Membangun Sinergi

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Kamis, 27 Maret 2014 | 18.01


Sebagaimana diamanatkan dalam Undang - undang RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Polri bertugas melakukan pemeliharaan kamtibmas, menegakkan hukum, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Implementasi dari pelaksanaan tugas tersebut diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan kegiatan dan operasi kepolisian, termasuk pengamanan Pemilu tahun 2014.


Pada setiap tahapan pemilu memiliki berbagai kerawanan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Kerawanan tersebut apabila tidak dikelola dengan baik, akan memberikan pengaruh yang besar terhadap sendi – sendi kehidupan bermasyarakat.

Berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilu pada Tahun 2009, terdapat beberapa kerawanan yang mungkin dapat terjadi kembali selama penyelenggaraan kampanye pemilu legislatif tahun 2014 ini, yaitu antara lain :

Adanya protes dari Parpol lain kepada Parpol yang mendahului atau mencuri start kampanye, melakukan kampanye ilegal dengan membangun citra negatif terhadap lawan politiknya melalui media cetak dan elektronik serta media on line;

Adanya keberpihakan dari penyelenggara pemilu dalam melakukan tindakan terhadap pelanggaran selama kampanye yang dapat memicu aksi protes, Adanya rusuh masal antar pendukung parpol yang dapat berakibat jatuhnya korban jiwa. Adanya sabotase, teror terhadap calon legislatif, penculikan dan sebagainya. Pelanggaran lalu lintas selama pelaksanaan kampanye dan peningkatan kejahatan konvensional lainnya.

Kita menyadari bersama bahwa dalam Pemilu Legislatif tahun 2014 ini terdapat 10 (sepuluh) partai politik yang menjadi peserta pemilu dan akan membawa berbagai program, ide serta gagasan. Disini masyarakat yang sudah memiliki hak pilih dituntut untuk cerdas menentukan pilihannya. Bukan hanyut pada fanatisme kelompoknya tanpa menyadari bahwa perbedaan adalah sesuatu yang wajar adanya dalam kehidupan bermasyarakat.

Oleh karena itu, polri mengajak kepada semua pihak untuk bersinergi meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan konflik yang bersumber dari hal – hal tersebut diatas, khususnya terhadap para pelaksana kampanye dan penyelenggara pemilu. Keberhasilan dalam mengeliminir kerawanan melalui sinergi antara polri dan semua stakeholder akan memberikan keuntungan kepada semua pihak, dan akan menjadi awal yang baik dalam sejarah pesta demokrasi di negara kita.

Oleh: Ibrahim Hermawan (Wartawan potretbogornews.com)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita