HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Klinik Pelayanan Kesehatan Untuk Dampak Asap Rokok

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Kamis, 20 Maret 2014 | 21.34



Kota Bogor, potretbogornews.comKota Bogor lewat Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai membuka Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dampak Asap Rokok di setiap Puskesmas. Klinik ini diperuntukkan bagi perokok pasif yang ingin mengetahui sejauh mana mereka terpapar asap rokok.



Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, Drg. Nanik Widiasari, ketika menerima kunjungan kerja Dinkes Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Selatan. Acara berlangsung di Ruang Rapat Tengah Balaikota Bogor, Jalan Ir. H. Juanda Nomor 10 pada Kamis (20/3/2014). Kunker ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan oleh Pemkot Palangkaraya ke Kota Bogor.

Langkah ini menyusul klinik Konseling Berhenti Merokok (KBM) yang sudah lebih dulu dibentuk Dinkes Kota Bogor sejak 2010 lalu. Lewat klinik tersebut telah dilakukan pembinaan dan pelatihan KBM pada 24 personil Promosi Kesehatan (Promkes) di 24 Puskesmas di Kota Bogor yang siap membantu perokok aktif agar dapat menghentikan kebiasaan merokok. 

“Pemerintah Kota Bogor berupaya memberikan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat, khususnya perlindungan dari bahaya asap rokok“ ungkap Nanik di hadapan rombongan kunker yang diketuai Kepala Dinkes Kota Palangkaraya, Tiur Simatupang, tersebut. 

Nanik melanjutkan bahwa hal tersebut sebagai bagian dari amanat Peraturan Daerah (Perda) Kota Bogor Nomor 12 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok . Selain itu Nanik juga menjelaskan mengenai monitoring KTR lewat sidak dan tipiring (tindak pidana ringan) di area-area publik sebagai wujud penegakan hukum terhadap Perda KTR, 

“Sejak tahun 2011 kami sudah melakukan 31 kegiatan dengan jumlah perseorangan yang terjaring di delapan kawasan sebanyak 693 orang, dan jumlah denda yang sudah disetorkan ke kas negara sekitar 12.839.000 rupiah, Selain itu sudah ada 23 lembaga Pemerintah dan 53 lembaga swasta yang mendapatkan terkait implementasi Perda KTR tersebut,” tutup Nanik. (Jamil/Wan PB)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita