HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Jabar Menuju Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Jumat, 17 Januari 2014 | 10.54

Kab Bogor, potretbogornews - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) melalui Badan Pimpinan Daerah (BPD) Jawa Barat menggelar Rapat Kerja daerah (Rakerda) Ke empat yang diselenggarakan di Royal Safari Garden Resort dan Convention Rabu Tanggal 15 Januari 2014 yang di ikuti oleh seluruh pengusaha hotel dan restoran yang ada di Jawa Barat (Jabar) . Hadir Dalam kesempatan ini, Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Jabar, Nunung Sobari, Ketua BPD PHRI Jabar, Herman Muchtar, Dewan Penasehar PHRI Jabar, HS Hermawan dan Kadisbudpar Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana Serta perwakilan dari Kepolisian Polres Bogor.

Rakerda yang mengusung tema “Memperkuat Organisasi dan Kemitraan Dalam Mendukung Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan Di Jawa Barat” mengangkat berbagai permasalahan yang di hadapai sektor kepariwisataan yang berhubungan langsung dengan keberadaan pengusahan hotel dan restoran yang tergabung dalam organisasi PHRI. Rakerda membahas sedikitnya enam poin yaitu. Pertama, dalam rangka merumuskan dan menetapkan program kerja dalam satu tahun mendatang. Kedua, merumuskan strategi dan tata kelola organisasi BPD PHRI dan BPC-BPC PHRI dalam mencapai tujuan didirikan PHRI sebagaimana yang tertuang dalam Anngaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) PHRI , Ketiga, menilai atau mengevaluasi, menyamakan pandangan atau pemikiran dalam memberi arah terhadap pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan dalam Musda XI tahun 2009. Keempat, memberi masukan kepada BPD PHRI Jabar dalam melaksanakan atau menjalankan roda organisasi, Kelima, merumuskan dan mengusulkan program kerja maupun memberikan saran dan pendapat terhadap pemecahan masalah-masalah keorganisasian maupun program kerja dalam Rakernas PHRI dan yang terakhir merumuskan dan menetapkan rekomendasi baik kepada BPP PHRI dalam Rakernas maupun kepada pemerintah Daerah Jabar.

Kadisbudpar Pemprov Jabar, Nunung Sobari dalam kesempatan itu mengatakan, keberadaan sektor pariwisata merupakan tolak ukur keberadaan PHRI maka dari itu perlu adanya peningkatan sektor pariwisata alam, seni budaya yang tersebar di seluruh daerah di jawa barat merupakan elemen penting yang tidak dapat dipisahkan dari PHRI. Dengan keberadaan sektor pariwisata yang baik serta keberagaman seni budaya yang ada di daerah tersebut dapat mengundang wisatawan ke daerah tersebut dan imbasnya pengusaha hotel dan restoran yang di untungkan. Maka dari itu dikatakannya, keselarasan PHRI dengan sektor pariwisata serta keberadaan seni budaya harus lebih ditingkatkan lagi serta yang terpenting kepedulian terhadap ekosistim alam dalam rangka menjalankan sapta pesona merupakan bagian terpenting tumbuhnya sektor pariwisata,” ucapnya dalam memberikan sambutan. “Saya berharap keberadaan seni budaya harus lebih diperkenalkan oleh pengusaha hotel dan restoran dalam meningkatkan daya tarik wisatawan dengan memanfaatkan seni budaya lokal yang ada,” ujarnya.

Dia juga menyinggung tentang perbaikan infrastruktur jalan yang merupakan faktor terpenting dalam membangun sektor pariwisata, karena pada saat ini di Jawa Barat masih banyak infrastruktur di beberapa daerah dalam kondisi yang tidak baik, sepeti jalan raya Pangandaran, Jalan Lintas Pelabuhan Ratu, Jalan Raya puncak yang merupakan jalan raya strategi nasional yang harus di pikirkan bersama, tidak hanya pemerintah daerah melainkan pemerintah Pusat. “Seperti kemacetan jalan raya puncak dari pukul 09:00 hingga 11:00 dan ketika sore hari dari pukul 15:00 hingga pukul 18:00 wib yang mengakibatkan pemberlakuan buka tutup jalur oleh pihak kepolisian sudah tidak seperti yang telah disepakati sebelumnya dan permasalahan ini akan berdampak pada pengunjung. Saya berharap kondisi jalur puncak agar segera diperbaiki,” ucapnya. (Sumburi/Ibrahim)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita