HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Di Cianjur Harga Kebutuhan Hidup Melonjak

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Senin, 15 Juli 2013 | 18.46

Cianjur, PBC - Memasuki hari ke 6 bulan ramadhan, harga sejumlahbahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional masih relatif tinggi. Keterbatasan barang dituding menjadi salah satu penyebab lantaran tidak sebanding dengan permintaan yang cenderung naik. Sehingga harganyapun masih berfluktuasi.
Seperti yang terjadi di Pasar Induk Cianjur (PIC) di Jalan Suroso, harga yang paling menonjol masih terjadi pada daging sapi yang tembus di kisaran Rp95 ribu per kilogram. Harga daging ayam broiler yang semula dikisaran Rp28 ribu bertengger di harga Rp35 ribu perkilogramnya. Telur ayam yang semula Rp18 ribu per kilogram menjadi Rp20 ribu per kilogram.

Asep (30), salah seorang pedagang di PIC mengungkapkan, dia memprediksikan belum stabilnya harga-harga kebutuhan pokok tersebut akan berlangsung hingga menjelang lebaran Idul Fitri. Apalagi menjelang Idul Fitri dipastikan sejumlah kebutuhan pokok akan melonjak, seperti halnya daging.

"Kalau melihat kondisi saat ini, harga-harga masih jauh dari stabil, masih fluktuatif. Ada tyang turun bahkan banyak juga yang mengalami kenaikan, karena tingginya permintaan masyarakat," kata Apep, Minggu (14/7/2013).

Menurutnya harga yang cenderung merangkak naik lainya selain daging dan telor ayam diantaranya minyak goreng curah yang semula Rp10 ribu menjadi Rp11 ribu per kilogram. Harga cabai rawit naik menjadi Rp60 ribu per kilogram dari semula Rp45 ribu. Sedangkan harga gula pasir Rp11.500 per kilogram.

"Perkiraan kami harga cabai rawit akan terus melambung, lantaran permintaan tinggi sementara pasokannya terbatas akibat terkendala cuaca," tegasnya.

Harga kebutuhan lainya yang cenderung masih tinggi untuk beras kualitas 1 masih tetap di kisaran Rp10 ribu per kilogram, dan beras jenis IR 64 justru mengalami kenaikan dari Rp8.500 menjadi Rp9.00 per kilogram. "Beras juga ada yabg mengalami kenaikan karena banyaknya permintaan dan pasokan kadang telat," kata Rustandi (40), pedagang lainya.

Kepala Pusat Pelayanan Pasar Induk Cianjur (PIC) Asep Sudrajat menyebutkan, pihaknya selalu memantau perkembangan harga bahan pokok, apalagi saat ini diperkirakan permintaan akan terus naik. Pemantauan itu dilakukan agar berfluktuasinya harga dan permintaan bisa disampaikan kepada masyarakat.

"Kita terus pantau harga-harga terutama kebutuhan pokok. Rata-rata saat ini cenderung fluktuatif tapi ada juga yang relatif stabil," katanya.(Admin)

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita