HEADLINES NEWS :
REDAKSI
Home »

Lurah -Lurah Maju Menjadi Caleg

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Minggu, 12 Mei 2013 | 23.44

Tangsel, Potret Bogor.Com -- Bursa pencalonan anggota legislatif telah dimulai, semua parpol berlomba - lomba mendaftarkan bakal calon legislatif yang akan meramaikan panggung perpolitikan Indonesia. Parpol menyiapkan caleg - caleg yang memang berkopeten namun tak sedikit pula parpol yang hanya sekedar mengisi bakal calegnya untuk mendapatkan suara bahkan ada beberapa caleg yang bermasalah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkesan menutup - nutupi caleg yang sejatinya masih tercatat sebagai lurah, KPU tidak mempublikasikan siapa - siapa lurah yang mencalonkan diri sebagai caleg. Sikap itu dinilai pembodohan informasi dan politik kepada masyarakat.

Ketua KPU, Tangsel Iman Perwira Bachsan mengaku ada lurah yang maju menjadi caleg,namun belum melengkapi formulir BB 7 yaitu berkas pernyataan pengunduran diri telah mundur dari jabatannya. Ketika ditanya oleh media lurah mana saja yang menjadi caleg itu Iman menolak memberikan informasi dan terkesan menutup - nutupi, "memang ada lurah yang belum melengkapi surat formulir BB 7, tapi kami belum bisa memberitahukan siapa orangnya, itu rahasia", katanya, saat acara sosialisasi untuk partisipasi masyarakat dalam pemilu kemarin,(7/5).

Masyarakat seharusnya berhak mendapatkan informasi para caleg yang akan maju dalam pemilu legislatif (Pileg) dari media. Tujuannya adalah agar masyarakat menegtahui nama - nama caleg bermasalah dan situasi politik di wilayah Kota Tangerang Selatan saat ini.

"Kalau KPU masih menup - nutupi nama para caleg bermaslah, termasuk juga lurah - lurah mana sja yang menjadi caleg, itu jelas melanggar Undang - undang Keterbukaan Informasi Publik. Salah satu tugas KPU adalah menyampaikan informasi pemilihan umum secara terbuka, agar pendidikan politi kepada masyarakat berjalan dengan baik. Kalau informasi tentang caleg ditutp - tutupi sama saja melakukan pembodohan informasi dan politik kepada publik (7/5)", kata Maryogi, pengamat politik.

Lurah yang terdaftar sebagai caleg berarti terdaftar sebagai kader partai politik, Jika lurah tersebut tidak mengundurkan diri bisa mengganggu netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk staf kelurahan dalam pileg nanti.
Anngota komisi I DPRD akan bersinergi dengan KPU dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) guna menciptakan pemilu 2014 yang kondusif di Tangsel. Anggota DPRd komisi I juga akan mendesak para lurah yang maju sebagai caleg agar menyerahkan surat pengunduran diri atasnya agar tidak ada penyalah gunaan jabatan.

"Kalau sudah terdaftar sebagai caleg, tapi masih menjabat sebagai lurah, khawatir jabatan lurah disalah gunakan, salah satu contohnya dijadikan alat sosialisasi ke masyarakat" Kata I wayan Rahayu, Ketua Komisi I DPRD Kota Tangsel. (Rin/Is)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita